Skip to main content

Sukoharjo, Desamind.id Leadership Class Pedesaan (LCP) sukses terselenggara di Desa Gonilan Kabupaten Sukoharjo pada Senin (29/5/2023). LCP adalah pelatihan kepemimpinan yang diberikan kepada pemuda yang memiliki kepedulian untuk mengembangkan desa dengan menanamkan komponen peacebuilding di dalamnya.

LCD mejadi kegiatan pra Desamind Leadership Camp 3.0 yang akan dilaksanakan di Pakem, Sleman, Yogyakarta dengan menghadirkan berbagai anak muda dari penjuru negeri untuk melatih kemampuan teknisnya dalam mengembangkan desa selama tiga hari.

LCP menjadi salah satu kelas penting untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan dan partisipatif anak muda untuk berkontribusi dan mengembangkan inovasi dengan menjunjung tinggi perdamaian di Desa.

LCP kali ini memfasilitasi peserta dengan beragam materi serta praktek design thinking yang mengedepankan kolaborasi, critical thinking, serta socio-emosional dari peserta. Peserta juga diberikan pemahaman lebih dalam mengenai pengembangan projek pedesaan menggunakan Community Driven Development (CDD).

Pada awal kegiatan peserta saling berkenalan dengan sesama peserta maupun panitia secara santai. Setelah saling mengenal, kegiatan dibuka dengan memberikan beberapa pengarahan jalannya acara dan penjelasan program yang mendapat dukungan dari Indika Foundation.

Sesi pertama kegiatan diisi dengan materi self-development yang juga membahas komponen dalam peacebuilding yang dapat digunakan ketika berinteraksi ataupun berkegiatan dalam lingkup pedesaan, pengenalan community-driven development (CDD) beserta projeknya dengan menekankan nilai-nilai perdamaian dalam upaya pengembangannya.

Selepas istirahat, peserta bersiap untuk melanjutkan sesi kedua. Pada sesi ini peserta melakukan praktek design thingking untuk mengembangkan inovasi di desa dengan menggunakan komponen peacebuilding yang telah diberikan. Peserta sangat antusias mengikuti sesi ini, namun karena waktu yang terbatas, peserta diwajibkan mengikuti sesi lanjutan pada hari senin berikutnya.

Kegiatan ditutup dengan melakukan presentasi terhadap inovasi yang dikembangkan dan evaluasi perlaksanaan program.

Leave a Reply