Sokong Literasi Anak Desa, Jakarta Intercultural School Donasikan 720 Buku kepada Desamind Indonesia Foundation

Jakarta (3/12) – Jakarta Intercultural School (JIS) berkomitmen dalam meningkatkan minat baca dan literasi dengan program donasi buku. Setiap tahunnya, JIS menyalurkan buku-buku donasi dari MS Library kepada sekolah-sekolah. Namun, untuk pertama kalinya JIS menyalurkan kepada NGO, yaitu Desamind Indonesia Foundation. Terdapat 12 box buku dengan jumlah total buku kurang lebih sebanyak 720 buku, yang meliputi buku fiksi dan non-fiksi. Tema buku yang diberikan juga bervariasi, ada test preparation (TOEFL, SAT), Ilmu Pengetahuan Umum (antariksa, sejarah, atlas, dll), novel berbagai genre, latihan soal, buku pelajaran tingkat SMP/SMA, dan sebagainya. 

JIS berharap agar lebih banyak lagi masyarakat terutama anak-anak atau remaja yang dapat mengakses buku-buku berkualitas, terutama buku dari JIS yang berbahasa asing (terutama inggris).  JIS menyampaikan semoga buku-buku ini bisa disalurkan ke tangan yang tepat dan dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Penyerahan buku secara simbolis diserahkan oleh Supervisor dari MS Library Media Center, Mr. Matthew Schafer kepada Tim Desamind yang diwakili oleh Zakky Muhammad Noor selaku Manager Director of Desamind. Tim Desamind juga dipertemukan oleh Bu Fanny selaku Community Service Department JIS. Kedua belah pihak berharap bahwa semoga akan ada program/agenda yang dapat dikolaborasikan bersama. 

Tim Desamind juga menginfokan kepada pihak JIS bahwa saat ini Desamind sedang memproses 5 awardee Beasiswa baru dan chapter-chapter baru. Selain itu, Desamind juga sedang mempersiapkan kegiatan kolaborasi dengan Kemenpora RI yaitu International Youth Conference on Village Sustainable Development, harapannya siswa-siswi dan alumni dari JIS dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Buku ini rencananya akan dialokasikan kepada chapter di berbagai kabupaten, desa pengabdian dari Awardee Beasiswa Desamind, Laila Learning Center Desamind, dan banyak jaringan regional LLD Community di seluruh Indonesia.

Penyerahan Donasi Buku dari JIS ke Chapter Bogor Desamind

Donasi ini sangat berarti bagi kami untuk kami distribusikan ke jaringan-jaringan kami yang paling membutuhkan. Salah satu latar belakang yang kami pegang yaitu membenahi mindset dan ketimpangan di pedesaan. Harapannya buku-buku ini dapat memperluas cakrawala berpikir anak-anak hingga remaja Indonesia, khususnya yang berasal dari pedesaan.

Penulis: Zakky Muhammad Noor, Putri Aulia Pasa
Editor: Sanita Sitinjak dan Hardika Dwi Hermawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *