Wos Cipaku Meraih Penghargaan Mata Garuda Prize LPDP 2021

Selasa, 9 November 2021 — Wos Cipaku berhasil memperoleh penghargaan Mata Garuda Prize LPDP Kategori Ekonomi dan Bisnis yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2021 pada Sabtu (9/11/2021). Penganugerahan penghargaan dilakukan secara daring dalam puncak kegiatan LPDP Week 2021 yang dihadiri juga oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Penganugerakan ini diwakilkan oleh Hardika Dwi Hermawan, selaku President Director Desamind Indonesia sekaligus Alumni LPDP PK-105. 

Pembagian Wos Cipaku kepada Masyarakat yang membutuhkan

Wos Cipaku sendiri merupakan produk beras asli petani lokal yang bertujuan mewujudkan pemuda desa mandiri secara finansial, petani yang sejahtera serta masyarakat yang bahagia. Wos Cipaku merupakan produk hasil kerjasama antara Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku, Desamind Indonesia, dan Zahira Mitra Syariah. Desamind sebagai partner berperan memprakarsai produk yang berasal dari diskusi bersama Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku. 

Di lain sisi Zahira Mitra Syariah, berperan sebagai mitra pembiayaan yang memberikan dukungan penuh dalam bentuk modal agar produk dapat berjalan dengan baik. Desamind, Zahira Mitra Syariah, dan Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku memiliki harapan kolaborasi ini terus berjalan dan kebermanfaatan semakin luas. Selain itu, harapannya produk ini dapat membantu mensejahterakan petani lokal dan warga setempat. 

Wos Cipaku yang dikelola oleh Karangtaruna Trigantara ini di launching pada 1st Anniversary Desamind 5 Januari 2021. Keuntungan Wos Cipaku sebagian dimasukkan ke dalam kas Karang Taruna dan akan digunakan untuk mendukung Program Komunitas Cipaku Peduli (KCP) berupa kegiatan sosial, beasiswa pendidikan dan kebaikan lainnya yang berfokus terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Cipaku. Hingga saat ini Wos Cipaku sudah tersedia di kurang lebih 15 agen di Desa Cipaku dan sekitarnya serta setiap bulannya kurang lebih 3-4 ton beras habis terjual. 

Dheni Fedianto, selaku ketua Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku mengungkapkan bawah program ini memberikan jalan bagi pemuda desa untuk lebih memberikan manfaat kepada masyarakatnya. Tidak hanya itu, Sulis (salah seorang pengelola Wos Cipaku) juga berharap semoga Wos Cipaku ini dapat memberikan manfaat untuk pemuda mandiri secara financial, petani sejahtera, dan masyarakat bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *