Membanjirnya Donasi Pakaian untuk Kampung Duofo, Papua dalam Kolaborasi Aksi Donasi Pakaian

Pengiriman Donasi Pakaian ke Yogyakarta

Senin, 16 Agustus 2021 – Desamind Chapter Purbalingga telah mengirimkan donasi berupa pakaian layak pakai untuk disalurkan kepada warga di Kampung Duofo, Timika, Papua. Kegiatan donasi ini merupakan kolaborasi antara Desamind Chapter Purbalingga, Orbit Paper, Elemenesia Foundation, dan Yasara Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyediakan pakaian layak pakai kepada warga di Kampung Doufo.

Kampung Doufo merupakan salah satu kampung pedalaman di Papua dengan akses serba terbatas. Tidak hanya keterbatasan dalam akses transportasi, melainkan juga akses listrik dan jaringan. Selain itu, rata-rata warganya hanya memiliki 1-5 baju. Hal tersebut yang menjadi latar belakang kami untuk melancarkan aksi kemanusiaan dengan memberikan sandang yang layak bagi mereka.

Kegiatan aksi donasi ini tidak hanya dilaksanakan di satu titik saja. Namun, tersebar ke beberapa titik di Indonesia seperti Yogyakarta, Purbalingga, Samarinda, Jakarta, dan kota lainnya. Untuk di wilayah Purbalingga donasi pakaian layak pakai dilaksanakan kurang lebih selama 12 hari terhitung sejak 01/08/2021 sampai dengan 12/08/2021 yang bertitik pusat di Jalan Onje RT 01/RW 06, Purbalingga Lor (Kediaman Rizqi Harry Ramadhan). Total donasi yang terkumpul sebanyak ±500 kg pakaian dan uang tunai sebanyak Rp 80.000,-. Donasi yang terkumpul berasal dari berbagai kalangan baik dari warga ataupun komunitas di Purbalingga.

Pakaian Layak Pakai
Gambar 1. Proses Sortir Pakaian oleh Desamind Chapter Purbalingga

Kegiatan donasi pakaian tersebut tidak hanya mengumpulkan pakaian lalu menyalurkannya. Namun sebelum proses pengiriman, dilakukan kegiatan sortir pakaian agar tersaring pakaian yang sesuai dengan adat dan kebiasaan berpakaian warga di Kampung Duofo. Proses sortir pakaian dilakukan selama 2 hari oleh Desamind Chapter Purbalingga dengan total keseluruhan pakaian yang dikirimkan sebanyak 492kg. Sebelum dikirimkan ke wilayah Papua, donasi pakaian tersebut dikirim ke meeting point yang berlokasi di Yogyakarta.

Dengan adanya kegiatan kolaborasi aksi donasi pakaian ini, harapannya dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi warga di Kampung Doufo saja. Akan tetapi, dapat memberikan manfaat juga bagi kami dan masyarakat di Purbalingga untuk terus meningkatkan rasa kemanusiaan dan jiwa saling tolong menolong.

Penulis: Rizqi Harry Ramadhan
Editor : Tim Jurnalistik, Public Relation, Desamind Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *