Pelatihan LinkedIn Profesional dengan tema, “101 : Tips & Trick Optimalisasi Profil LinkedIn”

Sabtu, 7 Agustus 2021 — Desamind sukses melaksanakan Pelatihan LinkedIn Profesional dengan tema, “101 : Tips & Trick Optimalisasi Profil LinkedIn” melalui platform Zoom Meeting pada Sabtu (7/8/2021). Pelatihan LinkedIn Profesional ini merupakan pelatihan yang diusung oleh Divisi Public Relation Desamind 2.0 dan hanya diperuntukkan bagi Executive of Desamind (EoD), Chapters Desamind, dan Lilin-lilin Desa (LLD) Community. Sylvanus Hardiyanto, seorang yang sudah menggeluti bidang HR selama 19 tahun dan menjadi pengguna aktif LinkedIn sejak tahun 2007 dihadirkan untuk memberikan materi optimalisasi profil LinkedIn untuk seluruh anggota Desamind. 

Adapun tujuan diselenggarakan pelatihan LinkedIn profesional ini yaitu untuk membantu Keluarga Desamind dalam  memanfaatkan dan mengoptimalkan platform LinkedIn. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan bisa menjadi wadah awal Keluarga Desamind dalam membangun personal branding, portofolio karir, pengoptimalan jejaring profesional serta pekerjaan melalui LinkedIn. Acara dibuka oleh Malik Akbar dari divisi Public Relation sebagai moderator dengan mengajak peserta untuk mengambil dokumentasi dan membaca rundown acara.

Syifa Adiba sebagai Director of Public Relation Desamind 2.0 menyampaikan sambutan bagi semua peserta yang hadir di acara pelatihan. Beliau memaparkan bahwa sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui apa itu LinkedIn, namun optimalisasi penggunaan LinkedIn belum dilakukan oleh semua orang. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan LinkedIn ini diharapkan dapat membantu keluarga Desamind 2.0 dalam memaksimalkan penggunaan LinkedIn.

Setelah selesai kata sambutan, kemudian dilanjutkan dengan sesi materi oleh Sylvanus Hardiyanto.  Sebelum memaparkan materi LinkedIn, beliau memberikan informasi terkait pelaku usaha di Indonesia pada bulan Agustus 2021, fakta pelaku kerja, dan pentingnya sebuah personal branding. “       Semua ini sangat berkaitan dengan personal branding, bagaimana kita menggunakan diri kita sendiri sebagai material yang menjual reputasi atas kompetensi yang terdiri dari keahlian, pengetahuan, pengalaman, dan perilaku kemana saja. Personal branding secara sederhananya membicarakan bagaimana cara kita mempersuasi, memperngaruhi, dan meyakinkan orang lain terhadap kompetensi yang harus kita miliki tersebut” ujar Sylvanus.

Sesi Foto Bersama Pelatihan LinkedIn Profesional dengan tema, “101 : Tips & Trick Optimalisasi Profil LinkedIn” hari Sabtu, 7 Agustus 2021, 19.00 WIB – 20.30 WIB

(Gambar: Desamind)

Sosial media merupakan sebuah platform yang sangat membantu kehidupan manusia saat ini, melalui sosial media seseorang dapat membangun personal branding. LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh para profesional untuk personal branding, berjejaring dan peningkatan karir. 

Pada pelatihan LinkedIn yang berdurasi ± 45 menit ini, Sylvanus Hardiyanto menekankan bahwa saat  membuat info biografi di LinkedIn harus mencerminkan diri secara relevan serta tidak manipulatif, foto profil LinkedIn harus menunjukkan wajah secara keseluruhan dan tersenyum, aktif terkoneksi dengan pengguna LinkedIn serta membagikan kegiatan pencapaian secara rutin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profile view pada LinkedIn. Beliau juga memaparkan secara rinci apa saja icon di dalam LinkedIn, cara mengisi setiap icon, hingga mencari peluang pekerjaan melalui LinkedIn. 

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab, dalam sesi ini ada 8 pertanyaan yang berasal dari seluruh participant terkait dengan penggunaan LinkedIn. Sesi tanya jawab ini mengangkat kesimpulan bahwa seorang mahasiswa harus berkaitan dengan LinkedIn untuk dapat mengetahui bagaimana gambaran dunia pekerjaan, jika kurang paham cara kerja LinkedIn maka dapat mencarinya dari berbagai media yang tersedia saat ini. Tidak hanya mahasiswa, LinkedIn juga dapat digunakan pelajar untuk membagikan pencapaian, mencari gambaran dunia pekerjaan serta terkoneksi dengan orang profesional.  

Setelah sesi tanya jawab berakhir, dilanjutkan dengan closing statement dari Sylvanus Hardiyanto sekaligus menjadi penutup Pelatihan LinkedIn Profesional dengan tema, “101 : Tips & Trick Optimalisasi Profil LinkedIn”. Beliau menyampaikan “Dalam konsep mencapai sebuah karir hal yang terpenting adalah mengenali diri sendiri. Teman-teman harus mengetahui apa sebenarnya kemampuan, keahlian, perilaku karena yang menentukan kita mau kerja apa, posisi apa, gaji berapa, itu kita sendiri bukan orang lain. Tugas kita memantaskan diri dengan memenuhi beberapa syarat yaitu disiplin, jujur, komunikatif, dan mau belajar hal baru. Bukan pasrah dengan keadaan apalagi merasa rendah” ujar Sylvanus.

Closing Statement oleh Sylvanus Hardiyanto pada Pelatihan LinkedIn Profesional dengan tema, “101: Tips & Trick Optimalisasi Profil LinkedIn”

Harapannya, dengan keberlangsungan Pelatihan LinkedIn Profesional ini seluruh Keluarga Besar Desamind 2.0 dapat memulai personal branding melalui LinkedIn dengan cara berkarir, berjejaring dengan orang-orang profesional untuk belajar lebih banyak dan mempermudah pekerjaan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *