Skip to main content

DESAMIND.ID – Desa Sade adalah salah satu desa adat di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia yang terkenal dengan tradisi dan budayanya yang unik. Salah satu tradisi unik yang dilakukan di Desa Sade adalah membersihkan rumah dengan menggunakan kotoran sapi. Meskipun terdengar tidak biasa, tradisi ini memiliki makna dan kepercayaan khusus bagi masyarakat lokal.

Pembersihan rumah dengan kotoran sapi biasanya dilakukan sebagai bagian dari upacara adat yang diselenggarakan oleh penduduk desa. Menurut kepercayaan mereka, kotoran sapi memiliki sifat yang bersih dan suci, serta dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan bagi rumah dan penghuninya.

Pembersihan rumah dengan kotoran sapi (doc kompas.com)

Proses pembersihan rumah dengan kotoran sapi biasanya dilakukan dengan cara menyebarkan kotoran sapi secara merata di seluruh lantai rumah. Setelah itu, kotoran sapi tersebut akan dibiarkan mengering dan kemudian dibersihkan dengan cara disapu atau diterapkan cara pembersihan lainnya.

Meskipun terdengar tidak biasa bagi beberapa orang, tradisi ini telah menjadi bagian dari budaya dan identitas masyarakat Desa Sade selama bertahun-tahun. Masyarakat Desa Sade percaya bahwa tradisi ini membawa keberkahan dan perlindungan bagi rumah mereka, serta merupakan warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Berkunjung di Desa Sade (doc Satria)

Selain tradisi membersihkan rumah dengan kotoran sapi, Desa Sade juga terkenal dengan rumah-rumah adatnya yang terbuat dari anyaman bambu dan atap rumbia, serta kerajinan tangan lokal lainnya seperti tenun tradisional. Desa Sade menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Pulau Lombok, menarik minat wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan budaya lokal yang unik.

Author : Satria / Editor : Paps

Leave a Reply