Berita TerkiniPress Release

Opening Program “Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind 2.0 X Skyes University”

Partisipan Opening Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind

Senin, 19 Juli 2021 — Desamind sukses melaksanakan Opening Program “Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind 2.0” melalui platform Zoom Meeting pada Senin (19/7/2021). Tujuan diselenggarakan opening program ini yaitu untuk memaparkan sistem dan teknik pembelajaran, pembagian kelas serta pembagian guru pembimbing. Acara dibuka oleh Salsabila Rizky Awalia sebagai moderator dengan memaparkan rundown kegiatan.

Program ini diikuti 156 students yang berasal dari Keluarga Besar Desamind Pusat,  7Chapters Desamind, serta 12 Regionals LLDesamind Community yang dibagi menjadi 8 kelas dan terdiri dari 19-20 siswa per kelas. Setiap kelas memiliki teacher pendamping yang berasal dari Keluarga Besar Desamind yaitu Dewi Fajar, Annisa Amalia, Rahmat Syawaludin dan Yuni dari Desamind Pusat, kemudian Glagah Eskacakra Setyowisnu dan Salsabila Rizky Awalia dari Desamind Chapter Purbalingga, serta Annisa Aulia dan Yuda Ardiansyah dari Desamind Chapter Bogor. 

Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind ini memiliki beberapa tujuan yaitu, meningkatkan kemampuan bahasa inggris Keluarga Besar Desamind sehingga memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan internasional, dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri, dan memiliki kemampuan kelas dunia. Selain itu, program ini juga bertujuan sebagai media bertemunya Keluarga Besar Desamind mulai dari Desamind Pusat, 7 Chapters Desamind, dan 12 Regionals LLDesamind Community.

Program Explanation oleh Dewi Fajar (Program Development Division/Ketua Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind)

Sesi Opening Speech diawali oleh Dewi Fajar, selaku Ketua Pelaksana Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind yang juga merupakan Associate of Program Development Division, Desamind. Beliau memaparkan bahwa, Skyes University merupakan perusahaan teknologi pendidikan internasional yang menyediakan server pendidikan di seluruh dunia. Salah satunya yaitu kelas bahasa inggris. Maka dari itu, melewatkan kesempatan mengikuti kelas belajar bahasa inggris gratis ini sangat disayangkan. Bagi teman-teman yang sudah memilih untuk mengikuti program ini, maka itu adalah keputusan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris semua anggota desamind. “Basically as we already know position of English in Indonesia is not our mother tongue, and so many dealing with so many problem regarding with learning English. I think it’s a good time for you to upgrade your English skill” said Dewi.

Presiden Direktur Desamind, Hardika Dwi Hermawan juga menyampaikan agar semua anggota mengikuti program ini dengan enjoy, dan memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri dalam berbahasa inggris. Terkadang rasa tidak percaya diri yang membuat kita tidak berani mencoba, mungkin di program ini semua student dapat lebih enjoy karena belajar bersama teman yang memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama ingin mengembangkan kemampuan bahasa inggris. Beliau menyertakan sebuah quote untuk memberikan semangat kepada semua anggota yang mengikuti program ini, quote tersebut dari Oscar Auliq Ice “You can either choose to wait around and hope life gives you what you want or you can choose to jump up and put in the work to make your dream come true”.

Penjelasan Platform Skyes University yang digunakan dalam Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind oleh Annisa Amalia (PR Division)

Dalam sesi program explanation Dewi Fajar memaparkan bahwa, setiap student akan memiliki akses untuk masuk ke dalam website tempat belajar dilaksanakan yaitu ±1 bulan. Dijelaskan pula timeline dan materi pembelajaran. Teknik pembelajaran dalam program ini terbagi atas 2 jenis yaitu asynchronous dan synchronous. Pembelajaran asynchronous dilakukan melalui platform Sykes University yang dilaksanakan selama 1 bulan mulai dari 18 Juli hingga 18 Agustus 2021, sedangkan sesi synchronous akan dilaksanakan setiap minggu melalui Zoom Meeting selama 40-60 menit dengan dampingan teacher di kelas masing-masing. Selanjutnya, Annisa Amalia juga memaparkan bagaimana cara peserta dapat login ke dalam website, kegunaan setiap fitur yang ada di dalam website, dan sistem penilaian pembelajaran.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan sesi foto bersama semua anggota yang hadir dalam Zoom Meeting Opening Program “Program Pelatihan Bahasa Inggris Keluarga Besar Desamind 2.0 X Sykes University”. Desamind berupaya memberikan ruang agar mimpi anak-anak muda terus tumbuh. Harapannya, program ini dapat menjadi pendukung dalam mendorong anggota desamind bergerak dan berkontribusi bagi akar rumput dan juga memiliki wawasan dunia. 

Penulis:
Sanita Sitinjak
Associate of Public Relation Division, Desamind

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *