Ensiklopedia Desa

The Beauty Of Pulau Banyak

Oleh lilin lilin desa dari Sumatra 1

Pulau Banyak merupakan sebuah kecamatan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Kecamatan Pulau Banyak, terdiri dari 3 desa yaitu Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung. Ibukota kabupaten adalah Desa Pulau Balai. Luas totalnya 27.196 ha.

Pulau Banyak berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, tepatnya di ujung barat Pulau Sumatera. Sebagai negara kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga memiliki pantai yang panjang dan indah.

Pulau yang paling terkenal dan sering menjadi tujuan wisatawan adalah Pulau Panjang, Pulau Rangit, Pulau Palambak, dan Pulau Malelo. Seperti namanya, Pulau Panjang memang memiliki bentuk fisik berupa pulau yang panjang dengan lebar yang kecil. Pulau ini sangat terkenal dan menduduki puncak daftar liburan banyak orang. Pulau ini memiliki jembatan apung di atas air laut, pasir putih jernih, laut biru cerah serang dan biota laut yang indah di dalamnya. Sungguh pemandangan yang menarik perhatian. Selain itu. Ada sebuah pulau yang digunakan sebagai tempat pemakaman massal korban tsunami Aceh 2004. Namanya Pulau Baguk. Tepat di belakang saya adalah pemandangan Pulau Baguk. Pasca tsunami itulah yang sangat menggemparkan dunia.

Berbicara tentang budaya di Pulau Banyak. Ada 3 bahasa yang digunakan di pulau-pulau ini, yaitu Bahasa Aneuk Jamee, Bahasa Haloban dan Bahasa Nias. Bahasa Aneuk Jamee dituturkan oleh suku Aneuk Jamee. Bahasa Haloban dituturkan oleh suku Haloban sedangkan bahasa Nias dituturkan oleh suku Nias.

=====================
#Desamind
#KeluargaBesarDesamind
##1000untukDesa
#IngatBangsaIngatDesa
#LLDCommunity
________
Instagram : @desamind_id
Twitter : @desamind_id
Facebook : Desamind
Youtube : Desamind Official
Web : desamind.id
Email : official.desamind@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *