Desamind Award 1.0 Ajang Apresiasi Pergerakan Perorangan atau Kelompok di Penjuru Desa

Tiga orang hebat dari berbagai daerah Indonesia yang telah memberikan peran dan kontribusi aktifnya untuk desa berhasil terpilih menjadi pemenang Desamind Award 1.0.

Mereka adalah Alvian Wardhana (Literasi Anak Banua) dari Desa Bumijaya Kalimantan Selatan untuk kategori Pendidikan, Dian Nugroho (Batik Ciprat) dari Desa Pucung Wonogiri Jawa tengah untuk Kategori Kewirausahaan sosial, dan Cindy Nur Oktaviani (Baroedak Tatanen) dari Desa Cimekar Bandung Jawa Barat.

“Desamind Award 1.0 ini diinisiasi oleh teman teman Desamind, dengan membawa sebuah keresahan bahwa banyak sekali karya kontribusi anak bangsa kepada masyarakat desa. Akan tetapi, belum banyak wadah yang mengapresiasi gerakan kontribusi mereka. Harapannya, dari kegiatan desamind kali ini mampu memberikan spirit kepada teman teman untuk lebih bisa berkontribusi untuk desa, mengingat jika bukan kita yang berkontribusi sebagai generasi muda terus siapa ?,“ jelas Ahmad Lutfi selaku ketua pelaksana Desamind Award 1.0.

Melalui dua tahap penjurian akhirnya Desamind Award 1.0 menghasilkan 3 pemenang dari masing-masing katagori. Penjurian tahap pertama merupakan seleksi berkas dan seleksi tulis dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sudah di buat oleh panitia seputar kontribusi yang telah di berikan. Dari penjurian tahap pertama di ambil 3 peserta dari masing-masing kategori yakni pendidikan, kewirausahaan sosial dan pengabdian masyarakat. Tahap kedua awardee di minta membuat video profil yang menggambarkan kontribusi yang telah di lakukan. Total nilai akhir adalah seluruh nilai tahap pertama dan kedua di jumlahkan dan menghasilkan 1 pemenang dari masing-masing kategori.

Malam puncak penganugerahan Desamind Award 1.0 di selenggarakan dalam acara Desamind Leadhership Camp yang berlangsung pada Sabtu 28 Maret 2020 di Rumah Revolusi Mental WCS Mojogedang Karanganyar Jawa Tengah.

“Selamat kepada para pemenang terbaik dari masing-masing kategori, semoga akan lahir lebih banyak lagi generasi muda yang aktif dalam memberikan kontribusinya untuk desa. Ingatlah, Indonesia tidak akan besar karena obor di Jakarta, tapi Indonesia akan bercahaya karena lilin lilin di desa. Terima kasih kepada seluruh peserta Desamind Award 1.0 jangan patah semangat dan terus berikan kontribusi untuk desa” Ungkap Ahmad Lutfi dalam sambutan di malam puncak penganugerahan desamind award 1.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *