WOS CIPAKU, Produk Kolaborasi Desamind, Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku dan Zahira Mitra Syariah di Tengah Pandemi

Purbalingga, Jawa Tengah –  Wos Cipaku merupakan produk Beras asli petani lokal yang dikelola langsung oleh Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku, Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah. Produk ini merupakan hasil kerjasama dan binaan Desamind beserta Zahira Mitra Syariah yang berkolaborasi dengan Karangtaruna Trigantara yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian Karangtaruna dan juga mendukung program-program kebaikan karangtaruna, seperti kegiatan Komunitas Cipaku Peduli (KCP) yang berada di bawah naungan karangtaruna yang telah berlangsung selama 2 tahun. KCP aktif dalam melakukan kegiatan sosial, pendidikan, dan kolaborasi kebaikan lainnya yang fokus terhadap masyarakat Desa Cipaku.

PEMBENTUKAN KOMUNITAS CIPAKU PEDULI (KCP) OLEH KARANGTARUNA TRIGANTARA DESA CIPAKU DENGAN KKN UNSIQ (MARET, 2019)

Selama ini, program-program yang dilaksananakan oleh Komunitas Cipaku Peduli (KCP) banyak didukung oleh swadana masyarakat, baik berupa uang maupun materi. Adanya Wos Cipaku yang mulai diproduksi pada tanggal 2 Februari 2021 ini menambah peluang pemasukan dengan mengangkat semangat “Membeli = Bersedekah.”. Keuntungan Wos Cipaku sebagian dimasukan dalam kas Karangtaruna untuk mendukung Program Komunitas Cipaku Peduli.

“Karangtaruna dan KCP telah aktif melakukan berbagai kegiatan di Desa Cipaku sejak 2 tahun yang lalu, seperti pendirian rumah singgah, pembagian sembako kepada warga secara rutin, pemberian bantuan dana pendidikan kepada anak yatim/dhuafa, kolaborasi program bersama KKN, Mata Garuda LPDP, dan komunitas lainnya. Dan saat ini kami sangat bersyukur dengan adanya Wos Cipaku hasil kerjasama dengan Desamind dan Zahira Mitra Syariah.” Ungkap Dheni Fedianto, Ketua Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku

KEGIATAN SOSIAL BERSAMA KKN UMP/UTY DI DESA CIPAKU

Dalam hal ini, Desamind berperan dalam menjadi partner dan Pembina produk Wos Cipaku. Mulai dari perencanaan, desain, pencarian kerjasama pemodalan hingga dukungan marketing dan promosi. Wos Cipaku sendiri telah memiliki akun instagram dan tiktok yang dikelola langsung oleh tim dari Desamind dan Karangtaruna (akun ig dan tiktok @woscipaku.pbg).

Zahira Mitra Syariah, sebagai mitra pembiayaan berbasis syariah memberikan dukungan penuh untuk memberikan modal agar produk ini bisa diterapkan. Zahira Mitra Syariah sendiri merupakan salah satu partner strategis Desamind dalam pemberian dukungan terhadap UMKM ataupun produk-produk masyarakat lainnya.

WOS CIPAKU

Desamind, Zahira Mitra Syariah, dan tentunya Karangtaruna Trigantara Desa Cipaku berharap kolaborasi ini terus berjalan. Mengingat beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Membeli Wos Cipaku, tidak hanya membuat perut kita kenyang, namun juga dapat menjadi pahala, karena membeli  sama dengan bersedekah. Semoga Wos Cipaku menjadi salah satu jalan kebaikan  untuk membuka semangat pemuda Desa untuk aktif dalam memperdayakan Desanya.

Wos Cipaku tersedia dalam dua kemasan yaitu 2,5 dan 5 kg. Wos Cipaku dapat menjadi pilihan kebutuhan rumah tangga ataupun kegiatan komunitas. Desamind, Ingat Bangsa, Ingat Desa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *