Tentang Desamind

Desamind adalah Non-Profit Organisation yang bergerak sebagai partner masyarakat desa dalam bidang pendidikan dan sosial untuk membentuk masyarakat yang maju, berdaya saing dan melek peradaban.



Visi

Menjadi Organisasi Non Profit terdepan dalam mempersiapkan masyarakat desa yang maju, berdaya saing dan melek peradaban.


Misi

Menjadi partner masyarakat desa agar lebih aktif membangun desa.
Mendorong masyarakat desa agar lebih peduli dengan kemajuan desa
Mendukung pengembangan potensi masyarakat desa.

Tim Kami

Hardika Dwi Hermawan, M.Sc(ITE)

Founder & Executive Director

Dosen dan IT in Education Enthusiast yang memiliki passion terhadap pendidikan, sosial serta grassroots movement.

Lulusan Master bidang IT in Education pada Faculty of Education terbaik ke-3 di Dunia, University of Hong Kong melalui Beasiswa LPDP Jalur Prestasi Nasional/Internasional. Memperoleh Penghargaan sebagai Alumni Terbaik LPDP Bidang Pendidikan tahun 2019 yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI (mewakili Presiden RI) beserta jajaran menteri Kabinet Kerja.

Tergabung ke dalam berbagai organisasi dan asosiasi bidang Sosial, IT ataupun Education di tingkat Daerah hingga Internasional. Memiliki lebih dari 40 penghargaan Nasional/Internasional, memiliki 2 Hak Cipta, menjadi presenter dan pemateri pada berbagai kegiatan Nasional/Internasional, seperti di Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Cambodia, Thailand dan Malaysia. Pernah menjadi mentor bagi anak-anak SMA bertalenta dari seluruh dunia ketika studi di Hong Kong. Memiliki lebih dari 15 karya yang telah terpublikasi pada jurnal dan proceeding Internasional.

Hardika yang juga pernah menjadi Juara 1 Pemuda Pelopor Bidang ICT ini merupakan Executive Director yang memastikan bahwa Desamind akan berjalan sesuai misi-visi organisasi.




CEO perusahaan swasta PMA di Solo (PT Solo Gren Foodindo) dan merupakan salah satu lulusan terbaik Bachelor of Education, Jinan University, Ghuangzhou-China melalui Beasiswa China Government Scholarship (CGS).

Aktif dalam berbagai Organisasi dan Federasi Mahasiswa di Guangzhou dan tergabung dalam Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Evi memiliki banyak penghargaan selama menempuh pendidikan di China seperti Excellent Student dari tahun 2012- 2015, Academic Excellence Award 2013-2015 dan juga Excellent Thesis 2014-2015.

Beragam pengalaman organisasi dan akademik yang diperoleh serta pengalaman dalam manjemen perusahaan besar menunjukan bahwa Evi seorang professional dan memiliki kemampuan managerial yang excellent.

Evi Lestari, B.Ed

Founder & Vice Executive Director




Yulia Susanti, S.Sn

Founder & Program Development Director

"Jika yang ku punya hanya semangat, maka itu yang akan aku tularkan." kata perempuan asal Pasuruan yang salah satu cita-citanya menjadi relawan.

Penerima Beasiswa Penuh dari Pemerintah Indonesia yang juga aktif berkegiatan sosial seperti Kelas Inspirasi, Bioskop Netra, Volunteer di Asian Paragames, Genre goes to village, berbagi keceriaan bersama anak-anak dengan HIVAIDS di Rumah Lentera melalui Forum Genre Surakarta, dan menginisiasi Collaboration Projects sebagai mentor keorganisasian dan kepemimpinan di sekolah yang ada di Pasuruan.

Santi juga aktif menjadi Storyteller di Doing Project (Dongeng Keliling) yang membawanya ke pelosok Lombok NTB, mendongeng untuk Schizofren dan berbagai tempat di Kota Solo. Santi juga pernah menjadi Ketua OSIS dan mendapat penghargaan Lulusan Teladan di SMA-nya. Hal itu yang membuatnya termotivasi melanjutkan pendidikan sehingga bisa Lulus menjadi Sarjana Seni bidang Televisi dan Film ISI Surakarta dengan Beasiswa Bidikmisi.

Berbekal pengalaman menjadi Pimpinan Umum dan Redaktur Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Intuisi sekarang Santi menekuni pekerjaanya sebagai Reporter Media Nasional di Indonesia serta menjadi Founder dan Direktur Program Development Desamind.




Pimpinan Redaksi Ublik.id dimana Ublik.id sendiri merupakan sebuah media online dam platform kreatif serta kolaborasi dengan misi utama "Merawat Optimisme Anak Muda Indonesia".

Resti pernah aktif dalam beberapa organisasi antara lain Forum Lingkar Pena Kota Malang (2014), Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya (2015), Kampus Fiksi Diva Press Jogja (2017). Saat masih kuliah, beberapa opininya pernah dimuat di Poros Mahasiswa Koran Sindo.

Lulusan Sarjana Matematika FMIPA Universitas Brawijaya ini juga seorang penulis produktif dengan lebih dari 10 judul buku (fiksi dan non fiksi) yang telah diterbitkan di berbagai penerbit. Pengalaman jadi anak rantau sejak 15 tahun yang lalu mendorongnya untuk mulai kembali ke desa dan melakukan sesuatu untuk kampung halaman.

Restia Ningrum, S.Si

Founder & Associate Partnership




Zakky Muhammad Noor

Co-Founder & Community Management Director

Mahasiswa Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga mantan Ketua Himpunan Profesi terbaik III IPB 2019. Pernah aktif dalam BEM PPKU IPB dan menjadi Koordinator Gelar Potensi Desa KKN IPB X UNMA untuk wilayah se-Majalengka.

Selama menjadi mahasiswa, Zakky banyak diamanahi sebagai koordinator berbagai divisi dalam beberapa kepanitiaan tingkat jurusan, fakultas, hingga Universitas. Salah satu pemuda yang mewakili Indonesia dalam Model United Nation di Korea Selatan, presenter pada Kegiatan internasional di Kamboja, dan inisiator kerjasama asosiasi mahasiswa lingkungan ASEAN yang dimulai di UPM Malaysia.

Zakky juga telah melewati pelatihan kepemimpinan tingkat dasar, menengah, dan juga tingkat akhir ke 5 kota besar di Jepang saat SMA. Melalui platform ruangkyta.id yang dibentuk bersama rekan-rekan mahasiswanya, sebagai President RyangKyta Zakky aktif menyelenggarakan kegiatan di bidang pergerakan, minat bakat, dan sosial.

Selain itu, saat ini Zakky juga sedang diamanahi sebagai Head of Public Relation dari komunitas Sociotraveler, Banana Pirates dengan berbagai kegiatan petualangan berbasis sosial kemasyarakatan di penjuru Indonesia.




"A great man is not one who finds his road to success. He is one who takes others along." Mahasiswa Pend. Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang juga mantan ketua Himpunan Prodi Pend. Teknik Informatika UMS.

Saat ini menjabat sebagai Ketua Advokasi DPM Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan UMS. Dalam kepanitiaan, Wahid sering diamanahi menjadi koordinator dalam beberapa divisi termasuk menjadi ketua panitia kegiatan Kajian Ilmiah.

Pengalaman organisasi, ketrampilan dalam bidang IT serta keinginan berkontribusi terhadap masyarakat menunjukan bahwa wahid seorang yang capable dalam bidang Media dan managerial. Wahid sendiri memiliki skill advanced dalam bidang desain graphic.

Khoirudin Nur Wahid

Co-Founder & Media Branding Director

# Nama Lengkap Posisi
1 Hardika Dwi Hermawan Founder & Executive Director
2 Evi Lestari Founder & Vice Executive Director
SECRETARIAT
3 Edi Setiawan Secretariat Director
4 Lailati Rohmah Associate
5 Sheli Khaerunisa Associate
FINANCE
6 Rahmat Syawaludin Finance Director
7 Hafizhah Associate
8 Isna Hardikasari Associate
9 Diyah Amalia Putri Associate
PROGRAM DEVELOPMENT
10 Yulia Susanti Founder & Program Development Director
11 Ahmad Luthfi Associate
12 Dina Marinda Associate
13 Abdul Aziez Associate
COMMUNITY MANAGEMENT
14 Zakky Muhammad Noor Co-Founder & Community Management Director
15 Dita Puji Rahayu Associate
16 Arlin Erlianti Associate
17 Moh. Rifai Associate
18 Nur Kholifah Associate
19 Andri Sahria Associate
MEDIA BRANDING
20 Khoirudin Nur Wahid Co-Founder & Media Branding Director
21 Ratih Tri Wahyu Hutami Media Branding Vice Director
22 Riyanora Natasyambadra Associate
23 Ikhwan Caesar Amri Pradana Associate
24 Ifan Destya Adi Tama Associate
25 Muhammad Mus'ab Associate
PARTNERSHIP
26 Rian Hadi Putra Partnership Director
27 Septiningsih Partnership Vice Director
28 Restia Ningrum Associate
29 Amanda Wong Associate
30 Septiarida Nonalisa Associate
31 Ayu Larissa Maharani Associate
32 Tyas Pujiati Associate
33 Kamilya Anjani Putri Associate
34 Farah Nur Aulia Associate
35 Dwita Ayu Associate
36 Siti Ilhami Fatmahandayani Associate