Ensiklopedia Desa

Kampung Idiot dari Jawa Timur

Oleh lilin lilin Desa Region Jatim

Di Kabupaten Ponorogo, tepatnya di Desa Karangpatihan kebanyakan masyarakatnya menyandang keterbelakangan mental (tuna grahita) sehingga mendapat julukan “Kampung Idiot”. Keterbelakangan mental ini diakibatkan oleh kehidupan yang di bawah standar (miskin), juga daerahnya tandus, yang hanya dapat ditanami pohon ketela. Sehingga makanan pokoknya adalah ketela, bisa dikatakan masyarakat tersebut kekurangan gizi.

Pak Eko yang merupakan penduduk asli Karangpatihan merasa tergerak untuk merubah stigma negatif tentang “idiot” yang dianggap buruk, tidak berguna, bahkan mengganggu. Bersama dengan warga lain, Pak Eko kemudian membangun “Rumah Harapan” sebagai tempat pelatihan para tuna grahita untuk lebih mandiri dan memiliki penghasilan sendiri. Dan hasilnya yaitu kehidupan disana menjadi lebih baik dan tercukupi.

Uniknya, meskipun warga masyarakat berkebutuhan khusus, tapi sebenarnya mereka memiliki potensi tinggi untuk berkembang, dan melalui “Rumah Harapan” inilah para tuna grahita diberi berbagai pelatihan yang bukan hanya postif melainkan juga memiliki produktivitas yang tinggi

=====================
#Desamind
#KeluargaDesamind
#1000untukDesa
#IngatBangsaIngatDesa
#LLDCommunity
________
Instagram : @desamind_id
Twitter : @desamind_id
Facebook : Desamind
Youtube : Desamind Official
Web : desamind.id
Email : official.desamind@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *